Tren untuk Toko Roti di Tahun 2023

28 Jun 2022

Taste Tomorrow

Konsumen menuntut kesegaran, menghargai keahlian, dan terus mencari kenyamanan dari resep tradisional yang otentik
 

Taste Tomorrow adalah ekosistem terbesar di dunia untuk memahami konsumen di industri roti, pastri, dan cokelat. Selalu megikuti perilaku, sikap, dan pilihan konsumen lokal dan global yang selalu dilakukan secara terus-menerus memberikan kami wawasan yang berharga dan mendalam. Kami dapat menggunakan wawasan ini untuk melacak evolusi tren dan mengungkapkan tren baru. Pelajari lebih lanjut tentang metodologi kami di sini.

Dalam artikel ini, kami membagikan tiga tren roti utama yang akan menjadi yang terpenting di tahun 2023. Temukan juga tren patisserie dan cokelat untuk tahun 2023.

2022

Salah satu tantangan paling signifikan bagi industri roti pada tahun 2022 adalah harga dan ketersediaan bahan-bahan tertentu, seperti minyak bunga matahari dan gandum, di antara banyak bahan lainnya. Ada diskusi di berbagai industri seputar peningkatan biaya dan bagaimana hal ini memengaruhi berbagai bidang bisnis. Survei konsumen Taste Tomorrow terbaru menyoroti bahwa kenaikan harga makanan merupakan 3 kekhawatiran utama konsumen saat ini. Untuk menghemat uang, orang-orang mengubah kebiasaan belanja mereka, yang tidak diragukan lagi berdampak pada para pelaku industri roti, mulai dari pengrajin hingga layanan makanan dan produsen makanan industri.
 

Terlepas dari kekhawatiran umum tentang kenaikan harga, makanan pokok seperti roti tidak terlalu terpengaruh dengan 23% konsumen di seluruh dunia tetap membeli roti premium khusus dan hanya 12% yang mencoba membeli lebih sedikit/menghemat uang untuk produk roti (dibandingkan dengan 29% untuk kue dan pastri serta 24% untuk produk yang berhubungan dengan cokelat). 48% konsumen yang diwawancarai oleh Taste Tomorrow pada bulan April 2022 menyatakan bahwa mereka tidak memilih roti yang paling murah, tetapi tetap membeli roti dengan kualitas yang mereka percayai.

Pada tahun 2023, akan semakin penting untuk fokus pada kualitas makanan yang dipanggang.

Temukan apa yang akan terjadi pada sektor  patisserie dan cokelat di tahun 2023.

Berikut adalah perkembangan terbesar dalam persepsi dan permintaan konsumen yang akan berdampak pada industri roti tahun depan:

1. Kepercayaan dan Keahlian

Produk artisanal tradisional semakin populer. Produk klasik adalah topik nomor satu untuk makanan yang dipanggang secara online. Radar tren Taste Tomorrow yang selalu aktif pada bulan Juni 2022 menemukan bahwa konsumen mencari kenyamanan dan kenikmatan melalui produk yang memberi penghormatan kepada resep tradisional atau otentik. Sementara 60% konsumen mencari pengalaman baru, 67% lebih memilih elemen yang sudah dikenal, klasik dengan sentuhan berbeda. Oleh karena itu, inovasi disambut baik, tetapi perlu dibangun di atas tradisi yang kuat dalam hal keahlian, pengalaman, dan pengetahuan untuk dapat diterima oleh konsumen.

2. Cita Rasa dari Sourdough

Berasal dari tren sebelumnya, sourdough berada di titik temu antara inovasi dan keahlian tradisional. Dari favorit masa lalu yang terkunci hingga menjadi kerajinan yang mapan dan terasah dengan baik, lintasan sourdough telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan terus berkembang pada tahun 2023. Merek-merek utama mengadopsi sourdough untuk produk mereka dan konsumen terus mencari pilihan sourdough selain roti, seperti croissant sourdough, brioche, muffin, bagel, panettone, cruffin, dan produk hibrida lainnya. Apa yang menjadi pendorong utama tren ini? Tidak diragukan lagi, itu adalah rasa penghuni pertama.

Bagaimana jika Anda mencoba memanggang beberapa sourdough croissant, aplikasi sourdough yang paling baru? Berikut ini adalah resep sederhana untuk Anda.  

3. Kesegaran  

Konsumen mengharapkan roti yang segar. Sepanjang hari, setiap hari. Tren 'Segar sesuai permintaan' adalah tentang produk yang dipanggang sendiri oleh konsumen, baik dari bahan beku, untuk dipanaskan dan dimasak dengan benar. Hal ini menawarkan kenyamanan dan kegembiraan memiliki produk roti segar setiap saat. Contoh umum dari tren ini termasuk croissant, pizza, roti bawang putih, dan banyak lagi. Produk semacam ini membuat hidup lebih mudah bagi konsumen, yang dapat mempercepat proses memasak mereka dengan mengalihdayakan sebagian besar tahap persiapan ke produsen skala besar atau pengrajin di sebelahnya, sekaligus memungkinkan konsumen untuk mengambil kendali atas proses memanggang dan mendapatkan aspek kesegaran secara maksimal.

Kesegaran produk yang dipanggang tetap menjadi sangat penting bagi konsumen yang pada tahun 2022 berbelanja online lebih banyak dibandingkan sebelum pandemi (yaitu 58% dari konsumen global). Agar menarik bagi konsumen online, produk roti juga harus terlihat menarik, sehingga perhatian ekstra pada kemasan dan penampilan harus mendorong penjualan online dengan 59% konsumen setuju bahwa penampilan yang bagus akan meningkatkan persepsi rasa.

Untuk menang di tahun 2023, fokuslah pada aspek kesegaran produk roti Anda dan pertimbangkan untuk memasuki pasar kenyamanan dengan menawarkan produk roti yang dapat dengan mudah disiapkan atau diselesaikan di rumah. 


Ingin tahu lebih banyak? 
Lihat prediksi tren kami yang lain dalam dunia cokelat dan patisserie.

Related Articles

Market insights

Market insights

We combine more than a century of expertise with the very latest innovation and trends, to make the future of food a reality today.

Taste Tomorrow

Taste Tomorrow

Discover new business opportunities with the latest global and local trends that Taste Tomorrow offers.

Sensobus

Sensobus

Test new products, pricing, marketing and communication concepts by finding out your consumer’s preferences.

Can indulgence and health truly be companions?

Can indulgence and health truly be companions?

Health is the trend that’s affecting most businesses in the global food industry. What does it mean for sweet treats and chocolate producers?