Untuk menghasilkan produk makanan bermutu tinggi, kami berupaya memiliki akses langsung dengan berbagai sumber pasokan bahan dari seluruh dunia. Di saat yang sama, kami sadar permintaan akan bahan dasar dapat mengakibatkan tekanan besar pada ekosistem alami dan mempengaruhi perkembangan berkelanjutan masyarakat setempat. Itu sebabnya kami berkomitmen untuk memperoleh pasokan bahan dengan cara yang bertanggung jawab.

Pemasokan bahan yang bertanggung jawab

Puratos menyadari bahwa pemasokan bahan yang bertanggung jawab merupakan kunci menuju perdagangan yang adil dan konsumen berhak mengetahui asal bahan makanan mereka, bagaimana proses pengolahannya, dan bagaimana pemasokan bahan tersebut. Oleh sebab itu kami senantiaa melakukan kerja sama dan memelihara komunikasi terbuka dengan pihak yang terlibat dalam rantai pasokan bahan kami.

Sasaran kami

Sebagai perusahaan yang berupaya untuk selalu melakukan pemasokan secara bertanggung jawab, kami mencanangkan dua sasaran utama:

  • Mengutamakan bahan mentah, pengemasan, peralatan serta jasa yang ramah lingkungan, bermanfaat bagi masyarakat, dan memberikan nilai ekonomi selama siklus hidupnya
  • Mengutamakan pemasok yang menganut visi kami tentang keberlanjutan dan berupaya memelihara rantai pasokan yang lebih berkelanjutan

Cacao-Trace

Cacao-Trace adalah program coklat berkelanjutan Puratos yang didedikasikan untuk diterapkan melalui kerja sama langsung bersama petani cokelat untuk menjamin produksi cokelat jangka panjang yang berkelanjutan. Program ini memiliki proses sertifikasi sendiri yang diaudit setiap tahun oleh pihak ketiga yang independen. Saat ini program ini dijalankan di Vietnam dan Ivory Coast, dan segera menyusul di negara lain, di antaranya Afrika Barat dan Asia Tenggara.

Cacao Trace farmer

SEDEX

Puratos tergabung dalam SEDEX, Supplier Ethical Data Exchange, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berdedikasi menjamin rantai pasokan yang lebih bertanggungjawab dan beretika.

RSPO

Puratos tergabung pula dalam Roundtable for Sustainable Palm Oil (RSPO), satu-satunya sistem global untuk sertifikasi minyak sawit berkelanjutan. Sekarang terdapat dua puluh perusahaan bersertifikasi RSPO di Eropa, Amerika Serikat dan Australia, dan akan ada penambahan anggota baru dalam jangka waktu dekat.